Recent News

Read the latest news and stories.

ukuran pipa pvc A ukuran pipa pvc

Cara Mengetahui Ukuran Pipa Pvc Dengan Benar & Akurat

Apakah anda mengetahui bagaimana cara mengetahui ukuran pipa pvc yang akurat dan tepat? Sebab pipa sendiri terdiri dari berbagai jenis mulai dari ketebalan, bobot dan juga bahan pembuatan yang berbeda-beda.

Nah masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Ada kalanya anda harus tahu berapa ukuran diameter pipa yang dibutuhkan untuk membantu dalam proses pengangkutan, proses instalasi atau proses finishing dari proyek konstruksi bangunan.

Selain itu pipa PVC adalah salah satu jenis pipa yang sangat populer untuk digunakan dalam berbagai macam kebutuhan rumah tangga.

Sebab selain harga yang ekonomis, pipa PVC juga bisa sangat praktis untuk diaplikasikan dalam berbagai macam kebutuhan. Sebut saja seperti kebutuhan irigasi, saluran air bersih hingga saluran pembuangan.

Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC Dengan Akurat

Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVCPipa jenis PVC adalah pipa yang paling umum digunakan dalam berbagai macam kebutuhan rumah tangga, entah itu untuk dijadikan sebagai talang atau saluran air.

beda kebutuhan, tentu saja juga beda ukuran pipa yang dibutuhkan. Nah untuk itu, sangat penting untuk anda mengetahui bagaimana sih menentukan ukuran pipa PVC yang tepat dan akurat serta sesuai dengan konstruksi yang akan dibangun.

Plastik dengan bahan dasar PVC atau Poly Vinyl Chloride termasuk menjadi salah satu bahan dasar material yang cukup sering dipakai untuk membuat talang atau saluran air hujan.

Dengan harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan seng alumunium, ditambah dengan tersedianya berbagai macam ukuran pipa PVC yang sangat beragam tentu saja wajar jika ada banyak orang yang memilih pipa PVC untuk konstruksi rumah.

Belum lagi juga dengan talang air PVC yang tidak harus dirakit, hal ini karena pabrik dari pipa PVC sudah menyediakan talang air yang siap pasang.

Material dari plastik PVC juga umumnya memiliki durasi masa pakai sampai dua tahun lamanya loh. Hal ini karena sifatnya yang tahan panas dan tahan dengan berbagai macam kondisi serta cuaca lainnya.

Nah balik lagi ke topik pembahasan tentang bagaimana cara mengetahui ukuran pipa PVC dengan benar dan akurat. Dalam dunia pipa PVC ini terdapat istilah-istilah yang menarik untuk dimengerti.

Baca Juga  Futuristik: Pengertian, Ciri, Prinsip, dan Contohnya 

Mungkin anda sendiri pernah mendengar ukuran pipa 1 dim, 2 dim, namun apakah anda tahu berapa sebenarnya ukuran pipa PVC 1 dim dalam satuan CM hingga Inchi?

Nah Dim adalah kependekan dari Diameter, bukan keliling lingkaran dari pipa. Namun satuan diameter dapat menggunakan dim, inchi dan juga cm semuanya tergantung dari satuan ukuran ini ingin disebut dalam hal apa.

Untuk anda yang mengukur diameter ukuran pipa PVC lingkaran, maka akan lebih mudah untuk menggunakan satuan ukuran CM. 

Sementara untuk pipa mungkin akan lebih mudah menggunakan satuan dim hingga Inch.

Satuan dari pengukuran yang digunakan secara internasional (SI), Satuan pengukuran berdasarkan SNI atau Standar Nasional Indonesia juga memiliki perbedaan yang harus anda pahami.

Sebenarnya istilah dari Inch ini lebih populer digunakan di luar negeri guna mengetahui dan juga mengukur diameter dari lingkaran, termasuk mengukur ukuran diameter dari pipa PVC.

Sementara di Indonesia, dim sering digunakan untuk ukuran standar pipa pada sistem perairan hingga tiang antena. Sehingga saat anda datang ke toko bangunan untuk membeli pipa, tentu saja anda akan ditanya mau membeli pipa ukuran berapa?

Nah agar anda tidak kebingungan, silahkan anda simak ulasan saya dibawah ini dalam menentukan dan mengetahui ukuran pipa PVC lengkap dan akurat.

Ukuran Dim Dalam Inci dan CM

Yang pertama tentu saja anda harus mengetahui berapa ukuran pipa PVC 1 dim dalam satuan inchi dan juga satuan CM. Nah berikut dibawah ini sudah saya jelaskan ulasannya dengan lengkap.

  • 1 Dim adalah 1 inchi.
  • 1 inchi adalah 2.54 cm.
  • 1 dim adalah 2.54 cm.

Satuan Lainnya Yang Masih Berhubungan Dengan Satuan DIM

Masih berhubungan dengan diameter lingkaran, terkadang ada juga satuan feet yang sering digunakan untuk menyebut tinggi atau panjang dari ukuran pipa yang akan digunakan untuk membangun antena parabola.

Misalnya seperti pipa 6 feet, 8 feet atau 5 feet. Nah berikut dibawah ini adalah hasil konversi dari feet untuk satuan cm dan juga inchi.

  • 1 feet adalah 12 inchi.
  • 1 feet adalah 30 cm.

Berbagai Macam Bentuk Pipa Yang Tersedia Di Sekitar Kita

ukuran panjang pipa pvcBerikutnya kita akan membahas tentang apa saja sih bentuk pipa yang tersedia di sekitar kita.

Sebab selain mengetahui ukuran pipa PVC yang sesuai anda juga harus mengetahui berbagai macam bentuk dari pipa PVC.

Dimana beberapa bentuk dari pipa PVC adalah seperti pipa polos, pipa fitting, pipa MOF hingga pipa talang.

Pipa Polos

Untuk pipa polos biasanya mempunyai ukuran diameter yang sama atau konsisten mulai dari ujung hingga ujung pipa.

Namun untuk bisa menyambung kedua pipa polos menjadi satu, anda membutuhkan pipa penyambung atau fitting increaser.

Pipa MOF

Berikutnya ada pipa MOF yang mempunyai diameter yang lebih besar di salah satu ujung atau bagian dari pipa.

Sehingga dalam proses penyambungan pipa bentuk MOF ini tidak membutuhkan fitting atau increaser.

Pipa Fitting

Berikutnya ada pipa Fitting yang mempunyai berbagai macam bentuk seperti huruf T, huruf L hingga berbentuk seperti tanda tambah.

Sesuai dengan namanya, pipa yang satu ini berguna untuk menjadi penghubung atau increaser dari pipa lainnya.

Pipa Talang

Terakhir ada pipa talang yang mempunyai bentuk seperti penampang atau berbentuk seperti huruf U. Biasanya pipa talang ini dipasang di ujung jurai atau rumah dengan maksud untuk mengalirkan air hujan.

Jadi dengan menggunakan pipa Talang ini, anda tidak membutuhkan lagi seng atau alumunium untuk membuat talang air.

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC yang Benar

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC yang BenarBerikutnya kita akan membahas tentang bagaimana sih tips untuk memilih ukuran Pipa PVC yang benar dan tepat agar jangan sampai salah pilih.

Sebab seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa masing-masing pipa memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing.

Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana sih tips memilih ukuran pipa PVC yang benar.

Ketahui Dulu Jenis Pipa Yang Akan Anda Gunakan

Yang pertama tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis pipa yang nantinya akan anda gunakan untuk membuat konstruksi bangunan hingga kebutuhan lainnya.

Nah setidaknya jenis pipa PVC ini dibagi menjadi 3 kelas. Berikut adalah beberapa kelas dari pipa PVC yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda.

PVC Kelas AW

Yang pertama adalah jenis pipa PVC kelas AW. Jenis pipa PVC yang satu ini memiliki ukuran yang paling tebal. Bahkan kekuatan dari pipa ini mampu menahan tekanan mencapai 10 kg/cm persegi.

Untuk kegunaanya, pipa ini sangat cocok untuk dipakai menjadi saluran air dengan tekanan yang tinggi atau digunakan untuk kebutuhan pompa air.

Misalnya saja seperti saluran air bawah tanah, air ke kran, dan saluran untuk penyediaan air kebutuhan rumah tangga.

PVC Kelas D

Berikutnya ada pipa PVC kelas D yang memiliki fungsi untuk digunakan pada tekanan yang tidak terlalu besar, hal ini karena ukuran pipa PVC yang satu ini memiliki ketebalan yang sedang.

Setidaknya pipa PVC kelas D memiliki kemampuan untuk menahan tekanan mencapai 5 kg/cm persegi. Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk membeli pipa PVC kelas D ini lebih murah daripada kelas AW.

Kebanyakan, jenis pipa PVC kelas D yang satu ini digunakan untuk kebutuhan saluran air rumah tangga yang tidak membutuhkan tekanan air yang begitu besar.

PVC Kelas C

Terakhir ada pipa PVC kelas C yang menjadi pipa paling tipis dan paling kecil diantara pipa yang lainnya. Untuk warnanya sendiri kebanyakan warna dari pipa PVC kelas C ini berwarna hitam.

Sementara kegunaan dari pipa PVC kelas C karena memiliki ukuran yang tipis, biasanya digunakan untuk menjadi saluran buangan air. Walaupun terkadang juga digunakan untuk menjadi pelindung dari kabel listrik di rumah.

Perhatikan Kekuatan Pipa

Saat anda mengunjungi toko bangunan untuk mencari kebutuhan pipa PVC. tentu saja anda akan ditawarkan berbagai macam merk pipa PVC di toko bangunan tersebut.

Beberapa merk pipa yang cukup populer adalah seperti pipa Wavin, pipa Rucika dan masih banyak lagi merk Pipa yang biasa anda gunakan.

Tentunya setiap merk Pipa juga memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu anda juga harus mencocokan mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anda.

Karena yang terpenting adalah anda harus selalu merawat pipa PVC paling tidak dengan cara melakukan pergantian selama 1 sampai 2 tahun sekali.

Sesuaikan Ukuran Pipa PVC Dengan Ukuran

Berikutnya anda juga harus menyesuaikan ukuran pipa PVC dengan kebutuhan. Dimana menyesuaikan ukuran pipa PVC tentu saja sangat penting untuk diperhatikan.

Ukuran pipa yang salah bisa membuat anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli pipa dengan ukuran yang benar. Langkah yang paling tepat dan paling pertama adalah dengan cara menghitung kemudian total kebutuhan pipa.

Hal ini karena faktor pemilihan ukuran pipa menjadi hal yang cukup krusial sebab bisa mempengaruhi budget, diameter dan juga jenis pipa yang dibutuhkan.

Tentukan Fitting dan Juga Jenis Perekatnya

Selanjutnya tentu saja anda juga harus menentukan pula bagaimana metode fitting pipa dan juga jenis perekatnya.

Fitting sendiri merupakan proses penyambungan pipa, dimana saat proses fitting lebih baik agar anda menggunakan fitting yang sama dengan tipe serta jenis pipa yang akan anda gunakan.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan ukuran dari diameter pipa. Sementara untuk jenis perekatnya terdapat 2 macam perekat yang bisa anda gunakan yakni menggunakan lem, yang hanya akan merekat di bagian pipa dan fitting.

Kemudian ada juga lem yang bisa menyatukan pipa lewat proses kimiawi. Dimana untuk proses yang satu ini biasanya dikenal dengan nama Solvent Coment.

Membedakan Setiap Saluran Pipa

Terakhir anda juga harus bisa membedakan setiap saluran pipa. Dimana jenis pipa yang berbeda tentu saja juga memiliki manfaat yang berbeda.

Pipa air dan pipa untuk air panas memiliki tipe dan juga pilihan yang berbeda. Misalnya saja seperti contoh kasus anda membutuhkan pipa untuk mengalirkan air panas, tentu saja anda harus bisa memilih pipa yang tahan panas mencapai 85 derajat celcius.

Untuk pipa air biasa sih sepertinya tidak perlu dijelaskan, karena anda bisa menggunakan berbagai macam jenis pipa yang dijual di toko bangunan.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara membaca dan menentukan ukuran panjang pipa PVC.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. Untuk anda yang mungkin membutuhkan jasa kontraktor dan jasa interior rumah, anda bisa mengklik banner Wa di atas untuk melakukan pemesanan.

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments
    Artikel
    Hubungi Kami