Recent News

Read the latest news and stories.

fun (1) Exhaust Fan

Exhaust Fan: Pengertian, Jenis & Manfaatnya Untuk Rumah

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini semua perangkat elektronik di rumah juga dibuat untuk bisa membantu memenuhi berbagai macam kebutuhan penghuni rumah tersebut.

Salah satu perangkat elektronik yang sekarang ini banyak digunakan di rumah-rumah adalah Exhaust Fan.

Dimana Exhaust Fan adalah kipas yang berguna untuk menghisap udara dari dalam ruangan untuk dibuang ke luar.

Di saat bersamaan kipas tersebut juga bisa menarik udara yang segar di luar agar masuk ke dalam ruangan.

Exhaust Fan juga dapat mengatur volume udara yang akan masuk dan juga disirkulasikan di ruangan.

Agar tubuh tetap sehat tentu saja ruangan juga membutuhkan sirkulasi udara yang selalu ada pergantian di dalam ruangan.

Dengan begitu tentu saja udara yang ada di dalam ruangan menjadi tetap segar dan juga terjaga.

Exhaust juga menjadi salah satu jenis kipas angin yang memiliki fungsi untuk menjadi pengatur dari sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan atau rumah.

Sekarang ini banyak orang-orang yang memilih menggunakan Exhaust Fan daripada menggunakan AC.

Hal ini karena penggunaan alat ini bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk tanpa harus menggunakan AC.

Manfaat Penggunaan Exhaust Fan Di Ruangan

Manfaat Penggunaan Exhaust Fan Di Ruangan

Exhaust Fan adalah kipas yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan udara yang ada di dalam ruangan.

Khususnya untuk ruangan yang memiliki sirkulasi udara kurang baik bisa ditingkatkan oleh Exhaust Fan.

Cara kerja dari Exhaust Fan sendiri adalah dengan cara menarik udara yang terdapat di dalam ruangan kabin kemudian akan dibuang menuju ke luar ruangan.

Kipas elektronik jenis ini bisa membantu udara yang mungkin kotor dan juga pengap agar dibuang melalui saluran udara ruangan.

Kita bisa dengan mudah menemukan jenis kipas Exhaust Fan ini di ruangan yang pengap seperti kamar mandi, dapur atau di ruangan yang tidak terdapat ventilasinya. Kipas ini bisa membantu orang-orang yang ada di ruangan tersebut agar bisa menghirup udara bersih.

Nah mungkin anda ingin tahu lebih banyak lagi mengenai penggunaan atau manfaat Exhaust Fan.

Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi mengenai manfaat penggunaan Exhaust Fan yang belum anda ketahui.

Menjaga Kualitas Udara Agar Tetap Segar Di Dalam Ruangan

Kualitas udara yang ada di dalam ruangan tentu saja ditentukan berdasarkan seberapa baik sih sirkulasi udara yang ada di ruangan tersebut.

Nah salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk bisa menjaga kualitas udara adalah dengan cara memasang ventilasi atau jendela.

Tapi terkadang tidak semua ruangan bisa difasilitasi oleh ventilasi atau jendela. Sehingga dengan begitu dibutuhkan Exhaust Fan yang bisa menjadi pengganti dari jendela atau ventilasi tersebut.

Dengan menggunakan Exhaust Fan, kita bisa membuang udara yang kotor dan juga bau tidak sedap agar dibuang ke luar ruangan.

Dengan begitu anda bisa merasakan udara yang lebih bersih dan juga segar di dalam ruangan.

Baca Juga  Jasa Interior Murah Untuk Kantor, Rumah dan Apartemen

Menjaga Ruangan Agar Tidak Lembab

Manfaat berikutnya dari Exhaust Fan adalah untuk menjaga ruangan agar tidak lembab.

Hal ini karena Exhaust Fan bisa menjaga kelembaban ruangan menjadi seimbang. Tentu saja anda sudah tahu bahaya dari ruangan yang terlalu lembab kan?

Dimana ruangan yang terlalu lembab adalah tempat yang paling disukai oleh jamur untuk bisa berkembang biak.

Hal ini juga bisa menjadi pemicu dari berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari masalah alergi hingga yang paling parah adalah kambuhnya asma.

Tidak hanya bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Namun kemunculan jamur pada dinding ruangan juga bisa mengganggu keindahan dari rumah kita.

Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan Exhaust Fan yang bisa menjaga ruangan agar tidak lembab.

Untuk Menjaga Suhu Di Dalam Ruangan

Selain bisa memelihara kebersihan serta kualitas udara yang ada di dalam ruangan. Penggunaan Exhaust Fan juga bisa menjaga suhu yang ada di dalam ruangan tersebut.

Dimana biasa nya udara panas bisa timbul karena adanya kegiatan tertentu seperti mandi dengan air panas atau memasak di dapur rumah.

Uap panas yang dihasilkan dari mandi dengan air hangat tersebut jika tidak segera dikeluarkan bisa membuat ruangan menjadi panas juga.

Untuk itu keberadaan dari Exhaust Fan sangat dibutuhkan agar dinyalakan di kamar mandi supaya tidak pengap karena udara panas.

Penggunaan dari Exhaust Fan juga bisa membuat udara kembali menjadi sejuk dan juga terasa menjadi lebih nyaman lagi.

Dengan menggunakan Exhaust Fan anda jadi bisa bebas mandi dengan air panas atau memasak di dapur tanpa harus khawatir bisa merusak kualitas udara yang ada di dalam rumah.

Mencegah Masalah Kesehatan

Tentu saja bukan menjadi rahasia umum lagi apabila kualitas udara rumah yang buruk bisa berdampak terhadap kesehatan dari penghuni di dalamnya.

Udara rumah yang begitu lembab bisa mendorong perkembangan dari polutan biologis misalnya seperti jamur dan juga bakteri.

Polutan biologis tersebut bisa memicu reaksi alergi untuk sebagian orang. Belum lagi jika seseorang tersebut adalah penderita asma, dimana paparan dari polutan ini bisa membuat asma menjadi kambuh.

Bisa dibayangkan jika anda membiarkan udara terkontaminasi di dalam rumah, tentu saja bisa menimbulkan dampak buruk terhadap penghuni di dalamnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Exhaust Fan

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Exhaust Fan

Ketika anda memilih Exhaust Fan, tentu saja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Nah hal pertama yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli Exhaust Fan adalah luas ruangan.

Anda juga harus memperhatikan jenis dan juga fungsi ruangan. Misalnya untuk ruangan kerja atau ruang merokok. Setelah mengetahui jenis dan fungsi dari ruangan tersebut anda jadi bisa mengetahui jenis Exhaust Fan apa yang cocok untuk dibeli.

Beberapa spesifikasi dari Exhaust Fan yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Konsumsi Listrik : Anda harus bisa menyesuaikan daya dari sambungan listrik PLN dengan spesifikasi dari Exhaust Fan yang akan dibeli. Jangan terlalu besar, karena jika terlalu besar tentu saja bisa membuat meteran listrik di rumah menjadi anjlok.
  • RPM : RPM sendiri merupakan rotation per minute atau putaran kipas yang bisa dihasilkan per menit. Dimana semakin cepat kemampuan dari Exhaust Fan tentu saja semakin tinggi juga RPM yang dibutuhkan.
  • Noise : Selain itu anda juga harus memperhatikan Noise atau kebisingan yang ditimbulkan oleh Exhaust Fan tersebut dalam satuan DB atau Desibel.
  • Air Volume : Terakhir, anda juga harus memperhatikan air volume atau volume udara yang bisa ditarik dari Exhaust Fan. Dimana Volume udara tersebut biasanya ditulis dengan satuan CMM atau meter kubik per menit.

Luas serta fungsi ruangan juga menentukan seberapa besar si tingkat kebutuhan pertukaran udara yang biasannya ditulis dengans atuan ACH atau Air Change Per Hour. 

Nah untuk anda yang ingin membeli Exhaust Change, berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk memilih Exhaust Fan.

  • Langkah pertama anda harus bisa menghitung volume ruangan di dalams atuan ukuran meter kubik. Nah untuk menghitungnya, anda bisa menggunakan rumus lebar x panjang x tinggi. Misalnya sebagai contoh anda memiliki ruangan kerja dengan lebar 2,4 meter dan juga panjang 3 m serta tinggi 2,5 meter. Maka perhitungan volume ruangan tersebut menjadi 18 m kubik.
  • Langkah selanjutnya anda harus menghitung nilai CMH air volume yang dibutuhkan dengan cara mengalikan volume RUangan dengan ACH atau Air Change Rate.
  • Terakhir anda hanya perlu memilih spesifikasi dari Exhaust Fan yang sesuai atau lebih besar dari keperluan CMH ruangan tersebut.

Cara Kerja Exhaust Fan

Sama seperti namanya, Exhaust Fan bekerja dengan cara menghisap atau menyedot udara untuk kemudian dialirkan ke luar sehingga menghasilkan udara yang bersih.

Nah sebagai informasi tambahan, berikut dibawah ini adalah bagaimana sih cara kerja dari Exhaust Fan.

  • Exhaust Fan bekerja dengan cara menyedot udara kotor yang ada di dalam ruangan. Alat ini berbeda dengan kipas angin biasa yang hanya menciptakan angin biasa.
  • Selanjutnya setelah menyedot udara yang kotor, alat ini bisa mengalirkan udara yang kotor tersebut untuk dibuang melalui saluran pembuangan ke luar ruangan.
  • Penyedotan dan juga pembuangan udara kotor ini bisa membuat kualitas udara yang ada di dalam ruangan menjadi terjaga. Hal ini karena volume dari udara kotor yang ada di dalam ruangan menjadi berkurang.
  • Selanjutnya, udara bersih dari luar ruangan akan dihisab masuk melalui lubang ventilasi serta menggantikan udara kotor yang sebelumnya sudah terhisap. Proses ini lah yang membedakan dari kipas angin biasa dengan Exhaust Fan.

Jenis Exhaust Fan Yang Banyak Digunakan Di Rumah Dan Kantor

Terakhir, kita akan membahas tentang beberapa jenis-jenis Exhaust Fan yang banyak digunakan di rumah atau ruangan kantor.

Berikut dibawah ini adalah beberapa diantaranya.

Exhaust Fan Dinding

Jenis Exhaust Fan yang pertama adalah yang terpasang di dinding. Sesuai Dengan namanya, kipas ini dipasang dengan cara ditempelkan di dinding rumah.

Pemasangan alat ini akan langsung berhadapan dengan area terbuka sehingga bisa memungkinkan udara di dalam bisa langsung keluar.

Exhaust Fan Langit-Langit

Berikutnya ada juga Exhaust yang terpasang di langit-langit. Biasa Nya jenis Exhaust fan ini dipasang untuk kamar mandi atau kamar di lantai atas yang memerlukan aliran udara bersih.

Untuk pemasangannya sendiri, kebanyakan Exhaust Fan ini dipasang menjadi satu dengan plafon.

Exhaust Fan Dapur

Terakhir ada juga Exhaust Fan untuk dapur, sesuai dengan namanya fungsi dari Exhaust Fan ini adalah berguna untuk menghilangkan aroma masakan yang mungkin tertinggal agar bisa disedot dan dikeluarkan dari dapur.

Bau yang tidak sedap ketika sedang memasak bisa hilang dengan mudah menggunakan Exhaust Fan jenis ini.

Nah itulah informasi penting mengenai Exhaust Fan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang kurang begitu paham dengan alat Exhaust Fan ini.

Untuk anda yang mungkin membutuhkan bantuan atau jasa pemasangan Exhaust Fan, anda bisa menggunakan jasa dari Arskal Interior yang sudah berpengalaman dalam segala macam pemasangan Exhaust Fan dan juga jasa interior lainnya.

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments
    Artikel
    Hubungi Kami