Recent News

Read the latest news and stories.

ukuran tangga rumah tinggi 3 meter (1) ukuran tangga rumah tinggi 3 meter

Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter yang Ideal

Saat membangun hunian dua lantai, ukuran tangga kerap menjadi permasalahan. Ukuran tangga rumah tinggi 3 meter dianggap ideal, namun tidak banyak yang tahu soal ukuran detailnya. 

Baik itu ukuran kemiringannya, jumlah anak tangga sampai dengan ukuran dari setiap anak tangga. Pasalnya ada cukup banyak model tangga yang bisa dibuat di rumah. 

Seperti apakah rincian ukurannya yang ideal, Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu. 

Model Model Tangga Rumah Minimalis

Model Model Tangga Rumah MinimalisModern ini rumah minimalis menjadi konsep yang banyak dipilih karena mengedepankan kesederhanaan dan fungsional. 

Tangga pada rumah minimalis memiliki beberapa macam model seperti:

1. Bentuk Lurus

Tidak ada cabang atau belokan, bentuknya lurus dari bawah ke atas yang perlu diterapkan pada rumah luas karena membutuhkan tingkat kemiringan yang rendah. 

2. Berbentuk U

Tangga yang tidak membutuhkan banyak ruang dalam pembuatannya. Salah satu bagian tangga akan berbelok ke arah kanan atau kiri sesuai kebutuhan. 

3. Berbentuk Spiral

Jika kurang suka dengan tangga bentuk U, maka tangga spiral akan lebih cocok dan fleksibel. Desainnya juga bisa meningkatkan estetika ruangan. 

5. Tangga tanpa Handrailing

Model tangga yang tidak memiliki pegangan, sangat cocok untuk tampilan rumah minimalis yang simple. Hanya saja cukup berbahaya untuk dinaiki anak-anak. 

5. Tangga Kaca

Tampilannya akan sangat memukau karena rumah jadi terlihat mewah. Bisa ditambahkan dengan lampu LED untuk tampilan yang lebih futuristik. 

Bagaimana Tips Menghitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter?

Bagaimana Tips Menghitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter?Ada cukup banyak bagian yang harus dihitung dalam pembuatan tangga setinggi 3 meter. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

1. Hitung langkah (riser) dan Lebar Langkah Tangga

Tinggi langkah di setiap anak tangga dan lebarnya harus memenuhi standar internasional yaitu riser 15-18 cm dan lebar 25-30 cm. 

2. Hitung Jumlah Langkah Tangga

Total anak tangga juga harus disesuaikan dengan tinggi tangga secara keseluruhan. Caranya adalah dengan membagi total tangga dengan tinggi langkah atau riser. 

Contohnya jika ketika tinggi plafon sampai 3 meter dengan tinggi langkah 15 cm maka 300 cm : 15 cm, ada sekitar 20 anak tangga yang dibuat. 

3. Tentukan Proyeksi Tangga

Total ketinggian vertikal tangga dari bawah sampai lantai atas bisa dihitung dengan mengalikan jumlah langkah dengan tinggi langkah. 

Contohnya, jika ada 16 langkah dan setiap langkah 15 cm maka 16 X 15, hasilnya 240 cm. Hasil perhitungannya tidak boleh lebih dari tinggi plafon. 

4. Hitung Panjang Tangga

Panjang keseluruhan tangga dari ujung ke ujung bisa dihitung dengan mengalikan jumlah langkah dan lebar langkah. 

Contohnya ada 16 langkah pada tangga dan memiliki lebar 25 cm, maka 16 X 25 hasilnya adalah 400 cm. Panjang tangga ini tidak boleh melebihi ruangan yang ada.

5. Hitung Ukuran Struktur Tangga

Disebut juga sebagai bordes yaitu area istirahat pada struktur tangga dan biasanya dibuat jika ada 12 anak tangga lebih yang hendak dibuat. 

Struktur tangga harus dibuat lebar agar lebih nyaman yaitu ukurannya minimal 1 meter. Meskipun begitu ada juga yang membuat dengan ukuran 80 cm hingga 120 cm. 

ukurannya sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran tangga rumah. Biasanya jika ukuran tangga 3 meter maka bordes yang dibutuhkan adalah 120 cm atau 1,2 meter. 

Bagaimana Tips Menghitung Kemiringan Tangga Rumah?

Bagaimana Tips Menghitung Kemiringan Tangga Rumah?Kemiringan tangga akan berpengaruh pada aman tidaknya struktur tangga dan kenyamanannya digunakan. 

Rumus yang digunakan untuk mengukurnya adalah z= y/x di mana z merupakan koefisien kemiringan tangga sedangkan y adalah tinggi tangga. 

X merupakan panjang dari tangga. Koefisien kemiringan tangga yaitu z sendiri memiliki beberapa klasifikasi sebagai berikut:

  1. Kemiringan 75-90º sama dengan koefisien kemiringan > 3,7. 
  2. Kemiringan 45-75º sama dengan koefisien kemiringan 0,44-1,0.
  3. Kemiringan 24-45º sama dengan koefisien kemiringan 0,36-0,44.
  4. Kemiringan 6-20º sama dengan koefisien kemiringan 0,1-0,36. 

Tipsnya, ketika tangga memiliki kemiringan 45 derajat maka tinggi tangga tidak boleh lebih dari besar dari panjangnya.

Karena akan membuat jumlah anak tangga menjadi lebih banyak yang membuatnya tidak nyaman dinaiki. 

Berapa Ukuran Anak Tangga yang Ideal?

Selain menghitung dengan rumus, ada beberapa hal yang diperhatikan soal ukuran anak tangga ideal yaitu:

  1. Maksimal tinggi antar anak tangga maksimal adalah 20 cm agar tidak terlalu tinggi ketika dinaiki. 
  2. Lebarnya minimal 30 cm untuk menyesuaikan lebar langkah kaki. 
  3. Lebar keseluruhan minimal 120 cm agar aman ketika digunakan dua orang. 

Cara Mudah Menghitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Cara Mudah Menghitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 MeterCara paling mudah adalah dengan mencari tahu anak tangga dan juga bordes. Contohnya saja tinggi tangga 3 meter dengan anak tangga ukuran 20 cm. 

Maka 300 cm : 20 cm hasilnya adalah 15 anak tangga yang harus dibuat. Begitu juga dengan tangga 3 meter dengan anak tangga ukuran 19 cm. 

Perhitungannya menjadi 300 cm : 19 cm hasilnya 16 anak tangga. Sedangkan jika ada tambahan bordes dapat dihitung dengan cara tinggi tangga dibagi anak tangga dikurangi 1. 

Misalnya tinggi 3 meter dengan anak tangga 20 cm, maka 300 cm : 20 cm -1, hasilnya 14 anak tangga. 

Berapa Banyak Anak Tangga untuk Tinggi 3 dan 4 Meter?

Ketika ketinggian tangga sudah ditentukan maka jumlah anak tangga yang akan dibuat bisa dihitung. 

Ketinggian tangga 3 dan 4 meter tentu saja berbeda dan bisa mengikuti contoh berikut:

1. 3 Meter

Ketika ketinggian antar lantai adalah 3 meter dan tinggi anak tangga adalah 20 cm, maka perhitungannya menjadi 300 cm : 20. Hasilnya adalah ada 15 anak tangga yang bisa dibuat. 

2. 4 Meter

Berbeda lagi jika Anda ingin membuat tangga yang tingginya 4 meter antara lantai. Sedangkan anak tangga yang akan dibuat ukurannya 25 cm. 

Perhitungannya akan menjadi 400 cm : 25 cm maka hasilnya adalah ada 16 anak tangga yang harus dibuat. 

Apakah Anda Tertarik untuk Memesan Jasa Buat Tangga Rumah?

Membangun hunian dengan ukuran tangga rumah tinggi 3 meter tidaklah mudah. Anda mungkin bisa menghitungnya sendiri namun belum tentu dapat membuatnya langsung. 

Perlu tenaga ahli yang membantu Anda untuk mewujudkan pembuatan tangga dengan perhitungan yang tepat agar aman. 

Anda yang ingin membuat jasa pembuatan tangga berkualitas bisa menghubungi kami di jasa interior di Jakarta dari Arskalinterior.com.

FAQ

1. Berapa standar tinggi tangga rumah?

Tinggi aman untuk rumah minimalis 2 lantai adalah 3-3,5 meter dari lantai bawah ke lantai atas. Rata-rata tinggi anak tangga 15-22 cm untuk orang dewasa yang tinggi badannya di atas 150 cm. 

2. Bagaimana rumus perhitungan tangga?

Rumus yang digunakan adalah (2 X Tinggi anak tangga) + lebar pijakan anak tangga yang menghasilkan angka antara 60-65 cm. 

Misalnya anak tangga 18 cm dengan lebar 28 cm, maka (2 X 18 cm) + 28 cm = 64 cm. 

tombol banner wa chat

3. Berapa tinggi satu anak tangga?

Rata-rata tinggi yang nyaman adalah 15-19 cm untuk orang dewasa yang tingginya di atas 15 cm dengan lebar ideal 29-33 cm. 

Comments

No Comments

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!
    Hubungi Kami