Recent News

Read the latest news and stories.

5. furniristik (2) futuristik adalah

Futuristik: Pengertian, Ciri, Prinsip, dan Contohnya 

Futuristik adalah – Dunia desain sangat luas, salah satunya desain arsitektur yang berkembang cukup pesat. Desain futuristik menjadi salah satu jenis desain yang dianggap nyentrik karena cirinya sangat berbeda dengan desain lainnya. 

Lebih mudah mengenal desain futuristik adalah melalui arsitektur serta interior ruangan. Saat ini desain futuristik sudah diterapkan pada berbagai jenis gedung seperti perkantoran, hotel bahkan rumah. Bisa dibilang desain ini cukup banyak dipilih selain desain modern dan minimalis. 

Futuristik adalah desain yang saat ini cukup mendominasi, lalu apakah arti dari desain ini? Adakah ciri tertentu yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan desain futuristik dalam arsitektur atau interior. Supaya Anda tidak bingung memilih desain sebaiknya belajar desain futuristik secara lengkap di sini. 

Pengertian Futuristik dalam Desain Arsitektur Pengertian Futuristik dalam Desain Arsitektur 

Apabila dilihat dari katanya, futuristik sendiri adalah jenis desain yang memiliki gambaran akan masa depan. Seperti apakah desain di masa depan itulah yang dimaksud dengan futuristik. 

Istilah ini mulai digunakan sejak abad ke 20 di Italia, di mana gaya yang digunakan mencerminkan masa depan. Untuk desain interior futuristik biasanya tidak menggunakan begitu banyak perabotan serta dekorasi. 

Bukan hanya itu saja, tampilannya sendiri nyentrik dengan bentuk aneh. Misalnya saja bentuk dekorasi bulat atau bentuknya tidak memiliki aturan sama sekali. Desain ini dicirikan dengan adanya paham chromaticism yang kuat serat garis dinamis panjang. 

Untuk arsitektur futuristik, konsep yang digunakan berdasarkan kecepatan dan apa yang dianggap penting dalam dunia modern. Semuanya serba baru dan serba teknologi. 

Baca Juga  Jasa Interior Jakarta Dengan Harga Terjangkau Pesan Disini

Futuristik adalah desain yang menggambarkan masa depan dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan masa lalu. Jika itu adalah bangunana maka harus bisa mengikuti semua jenis kegiatan yang berkembang. 

Konsep less is more seperti yang digunakan pada desain minimalis pun jadi nilai tambah tersendiri. Serba teknologi membuat desain ini menggunakan banyak material seperti kaca, baja serta alumunium. 

Ditambah lagi konsep nihilism di mana perancangannya menekankan pada ruang sehingga desain lebih mengarah ke polos, simpel dan penggunaan kaca lebar. Semua material diperlihatkan apa adanya. 

Ciri-Ciri Desain Arsitektur Futuristik 

Karena tampilannya yang tidak lazim maka ciri dari desain futuristik dapat dikenali dengan mudah dan diingat. Beberapa ciri desain arsitektur futuristik adalah sebagai berikut ini.:

 

Pemilihan warna

Soal warna, desain ini mengutamakan beberapa pilihan seperti emas, hitam, kuning serta putih. Semua tampilan warnanya dirancang dengan sangat elegan. 

Tak hanya itu ada juga warna yang gelap seperti abu-abu serat hitam tujuannya adalah memberikan kesan maskulin. Kombinasi warna tersebut akan memaksimalkan gaya yang kesannya solid dan hidup. 

Bentuk yang digunakan

Bentuk yang mendominasi desain futuristik adalah sesuatu yang tidak lazim bahkan tak sedikit yang menganggapnya aneh. Hal ini bisa dilihat dari bentuk lengkungan yang banyak diterapkan. 

Selain melengkung terdapat juga pola modular menyerupai lonjong atau bulat. Tak ada rangka atau bentuk geometris. 

Baca Juga  Jasa Desain Interior Kantor Jakarta dan 5 Macam Interior

Penggunaan lampu LED dalam ruangan

Lampu dalam interior futuristik adalah peranan yang besar. Dominasi lampu LED akan memberikan cahaya terang dalam ruangan. Adanya sedikit campur desain minimalis membuat ruangan jadi tampak luas. 

Pemilihan furniture

Perabotan tidak lupa jadi komponen yang penting, dan biasanya memiliki gaya yang ergonomis dan minimalis. Masih dengan ciri khas bentuk melengkung kebanyakan furniture futuristik memanfaatkan gaya ini. 

Karena bentuknya inilah yang membuat furniture futuristik bentuknya tidak biasa tetapi ada sedikit kesan modern. Sedangkan untuk sifatnya perabotan lebih mudah dipindahkan serta multifungsi. 

Dekorasi ruangan

Bagian dekorasinya sendiri masih memanfaatkan lukisan hanya saja nilainya terkesan cantik dalam artian bukan klasik. Lukisan yang digunakan menampilkan kesan elegan dan digunakan pada beberapa titik tertentu. 

Lukisan akan digantung pada bagian yang mudah dilihat dari segala arah. Contoh lukisan yang banyak digunakan adalah lukisan dengan gaya abstrak atau surealis. Sedangkan dekorasi lainnya yang juga digunakan adalah vas bunga atau bantal pada sofa yang warnanya terang. 

 

Prinsip Desain Arsitektur Futuristik Prinsip Desain Arsitektur Futuristik 

Futuristik memiliki beberapa pakem atau prinsip yang digunakan di mana desa sangat jelas serta inovatif. Pada tahun 1920, beberapa prinsip pun digunakan dengan aturannya sebagai berikut ini. 

Arsitektur yang perhitungan

Maksud dari prinsip ini adalah adanya perhitungan mengenai kesederhanaan serta berani dalam menggunakan material. Misalnya saja perhitungan dalam arsitektur kaca, besi, beton bertulang, batu bata dan pengganti batu. 

Semua dibuat dengan penuh perhitungan dari segi ketahanan material dan pemanfaatannya. 

Arsitektur merupakan seni

Walaupun arsitektur futuristik adalah praktis namun tetap pada nilai seni yang erat kaitannya dengan ekspresi serta sintetis. 

Memiliki konsep gerak

Prinsip selanjutnya yang digunakan adalah adanya garis elips dan miring yang memiliki kekuatan gerak lebih baik dibandingkan garis horizontal dan tegak lurus. Selain itu juga menerapkan struktur integral. 

Pengaturan bentuk yang berbeda

Dalam hal pengaturan bentuk, tidak lagi menggunakan prinsip arsitektur yang telah ada sebelumnya. Yang artinya arsitektur yang menggunakan dasar tradisional tidak lagi digunakan dan lebih ke arah arsitektur modern. 

Contoh Desain Arsitektur FuturistikContoh Desain Arsitektur Futuristik

Dalam hal penerapannya, saat ini sudah banyak gedung yang dibangun menerapkan desain ini. Beberapa contoh arsitektur bangunan dengan  desain futuristik adalah sebagai berikut ini. 

Burj Khalifa

Gedung tertinggi yang ada di Uni Emirat Arab ini didesain grup arsitek Skidmore, Merrill dan Owings. Grup arsitek inilah yang juga membangun One World Trade Center. Gedung ini memiliki desain seperti bunga lili berjenis Hymenocallis. 

Bentuk gedung ini seperti huruf Y yang fungsinya adalah sebagai keseimbangan pondasi gedung serta membuat pemandangan Teluk Arab semakin indah. Berkat bentuknya tersebut terdapat tiga menara dengan puncaknya yang runcing. 

Anggaran yang digunakan untuk membangun gedung ini sebesar 217 triliun dolar yang termasuk sistem air mancur pada sekitar gedung. Air mancur yang dibuat ini sangat terkenal karena bisa mencuat sampai 150 meter. 

Gardens by The Bay

Satu lagi desain futuristik yang sudah diciptakan dalam bentuk gedung yaitu Gardens by The Bay yang ada di Singapura. Merupakan gedung konservatori iklim yang dibangun tahun 2012 dan menjadi yang terbesar. 

Anggaran yang dihabiskan untuk membuat gedung ini mencapai 510 juta dolar dan menjadi gedung terbaik pada tahun 2013 dalam World Architecture Festival. Menerapkan tema kota masa depan di mana bagunan ini berdiri di atas tanah reklamasi. 

Khan Shatyr

Berada di negara Kazakhstan bangunannya menyerupai bentuk UFO dan tingginya sampai 150 meter. Di dalam bangunan ini terdapat berbagai fasilitas seperti taman, bioskop, pusat perbelanjaan, restoran sampai waterpark. 

Terdapat tenda besar yang luasnya sampai 100 ribu meter persegi dan transparan. Terdapat tiga lapisan tenda yang digunakan karena mempertimbangkan cuaca di Kazakhstan yang ekstrim. 

Baik itu arsitektur dan interior futuristik memberikan kesan yang sangat berbeda dari desain lain. Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan interior futuristik, bisa langsung hubungi Arskal Interior dengan mengklik banner di bawah ini. 

 

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments
    Artikel
    Hubungi Kami